Baca Berita

Anggota TNI Ikut Sidak ke Rutan Bangli dan Temukan Barang Terlarang, Karutan: Mereka Lupa Kembalikan

Oleh : Kodim 1626 Bangli | 16 Desember 2019 | Dibaca : 44 Pengunjung

Anggota TNI Ikut Sidak ke Rutan Bangli dan Temukan Barang Terlarang, Karutan: Mereka Lupa Kembalikan

Anggota TNI dari Kodim 1626/Bangli dilibatkan dalam sidak ke Rutan Bangli bersama petugas gabungan dari Polres Bangli, Minggu (15/12/2019) malam.

Kepala Rutan (karutan) Kelas II B Bangli, I Made Suwendra Senin (16/12) mengungkapkan, sidak pada hari itu dimulai pukul 18.00 wita hingga 20.00 wita.

Sidak menyasar seluruh blok tahanan di Rutan Bangli dengan jumlah 129 tahanan, termasuk tahanan titipan kejaksaan sebanyak 18 orang.

Suwendra mengatakan, antisipasi serupa sejatinya rutin dilakukan rutan Bangli minimal dua kali tiap pekan.

Sedangkan sidak yang dilakukan kali ini dalam rangka jelang akhir tahun.Disamping itu, sidak juga bertujuan mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang yang tidak diperbolehkan.Diantaranya narkoba, barang elektornik, hingga perangkat seluler seperti handphone.

Dalam sidak tersebut, ditemukan sejumlah barang berupa korek api, rokok, gunting kuku, hingga cutter.

Barang-barang tersebut khususnya cutter sejatinya barang terlarang untuk masuk ke sel para napi.

“Benda tersebut kadang-kadang digunakan warga binaan untuk kegiatan kerja mereka membuat ketrampilan dan kerajinan. Sebenarnya tidak boleh (masuk ke ruang tahanan), karena biasanya kembalikan pada petugas pengawas,” ujarnya.

Suwendra mengatakan jumlah korek api yang ditemukan petugas sebanyak 10 buah, sedangkan cutter berjumlah delapan buah.

Pihaknya pun tidak memungkiri dengan temuan tersebut membahayakan jika dibiarkan.

Terhadap temuan sidak, lanjut Suwendra, barang-barang tersebut akhirnya diamankan.

Ia juga menegaskan tidak ada sanksi bagi petugas yang disinyalir membiarkan masuknya barang-barang tersebut ke dalam kamar.

“Kami juga yang memfaslitiasi (WBP) untuk kegiatan keterampilannya. Mungkin pas ada yang lupa mengembalikan, mereka anak-anak tertib kok. Dan mereka membuat ketrampilan itu untuk pembinaan,” ucapnya.

Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengungkapkan inspeksi mendadak dilakukan dalam rangka operasi cipta kondisi menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2020.Tujuannya untuk menciptakan situasi Bangli yang sudah kondusif agar tetap kondusif.

Dalam sidak yang dilakukan, pihak Kepolisian bersama TNI dan Rutan Bangli menyiapkan 75 personel.Di antaranya 44 personel kepolisian, 11 personel kodim 1626/Bangli, dan 20 personel dari rutan Bangli.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambunganm, untuk mengantisipasi adanya barang-barang yang tidak diperbolehkan masuk, serta tahanan kabur,” tandasnya. (*)

Sumber : Bali Tribunnews


Oleh : Kodim 1626 Bangli | 16 Desember 2019 Dibaca : 44 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Bagaimana menurut pendapat Anda tentang Website Kodim 1626/Bangli?